Akademisi PMII Kalbar Jadi Guru Besar Ilmu Hadits IAIN Pontianak

 

PMII IAIN POTIANAK - Akademisi Pergerakan Mahasisa Islam Indonesia Kalimantan Barat meraih gelar akademik tertinggi sebagai  Guru Besar/Profesor yaitu Prof. Dr. KH. Wajidi Sayadi, M. Ag dalam bidang Hadits. Surat Keputusan ditandatangani Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas tertanggal 24 Mei 2022.


Suib, SE selaku Ketua Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Wilayah Kalimantan Barat menyambut dan mengapresiasi capaian yang diraih.

“Ini tentu menjadi kebanggaan bagi kami alumni PMII Kalbar atas raihan gelar akademik tertinggi yang diraih oleh Prof. Dr. KH. Wajidi Sayadi, M.Ag sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Hadist. Kita tentu mengetahui bahwa beliau memiliki spesialisasi mumpuni dalam kajian hadist dan ilmu-ilmu yang berkaitan dengannya. Tentu ini menambah kebahagiaan kita karena sebelumnya juga telah lahir dua Profesor yakni Prof. Dr. H. Zaenuddin, MA dalam bidang Ilmu Studi Agama serta Prof. Dr. Ibrahim, MA dalam bidang Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam beberapa waktu yang lalu”, ujar anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat ini.

Ia juga mendorong serta berharap bahwa alumni PMII Kalbar yang berkarir di dunia akademik untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensi keilmuannya.

"Saya berharap semua alumni PMII yang meniti karir sebagai dosen dan tenaga pendidik untuk terus meningkatkan kualifikasi kelilmuannya, terutama dalam menjalan fungsi dan tugasnya sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ini tentu penting karena masyarakat perlu figur dan sosok yang memiliki keilmuan dan kompetensi yang otoritatif sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing seperti apa yang ditekuni oleh Prof Wajidi dalam bidang Ilmu Hadist ini”, ujar legislator muda Kalbar ini.

Apresiasi senada juga diungkapkan oleh H. Kaharudin, S.Ag sebagai Ketua PWNU Kalimantan Barat yang juga merupakan Alumni STAI/IAIN Pontianak turut bahagia dan bangga atas raihan alumni ini.

"Kami turut merasakan kebahagiaan dan bangga atas capaian para alumni STAIN/IAIN Pontianak, semoga senantiasa dapat memberikan ilmunya bagi masyarakat Kalbar", ucapnya dengan senyum khas.

Prof. Dr. H. Wajidi Sayadi, M. Ag memulai karir pendidikannya dengan menempuh studi s-1 pada Program Studi Tafsir Hadist di UIN Alauddin Makassar Tahun 1996 dan Melanjutkan studi S2 dan S3 nya pada Program Studi Tafsir Hadist di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di Tahun 1998 dan 2006.

Dosen tetap pada Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir IAIN Pontianak ini saat ini banyak beraktivitas sebagai ketua Forum Komunikasi Penanggungalang Terorisme (FKPT) Kalbar serta menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kalbar serta sebagai Wakil Syuriah PWNU Kalbar.

Sehari-hari beliau sering mengisi berbagai pengajian tematik dan seminar ilmiah yang diselenggarakan oleh Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Masjid al-Jamaah Pontianak, serta berbagai kegiatan Focus Group Discussion yang digelar Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalbar.

Posting Komentar

0 Komentar