Bonus Demografi dan Revitalisasi LSO PMII Pontianak Raya

PMII IAIN PONTIANAK - Menurut United Nations transisi demografi yang terjadi pada beberapa dekade terakhir di Indonesia akan membuka peluang bagi Indonesia untuk menikmati bonus demografi pada periode tahun 2020-2030. Pada saat tersebut penduduk usia produktif berjumlah dua kali lipat dari penduduk non-produktif.

Peluang ini harusnya dimanfaatkan sebaik mungkin  karena hanya akan terjadi satu kali dan itu dapat terjadi apabila penduduk usia produktif benar-benar bisa berkarya dan berkiprah secara produktif. Sehingga diharapkan bonus demografi ini benar-benar dapat mendorong perekonomian Indonesia dimasa mendatang.

Namun di sisi lain Indonesia saat ini menghadapi permasalahan serius ketenagakerjaan yakni masih besarnya angka pengangguran terdidik. Jumlah pengangguran terdidik setiap tahunnya dikhawatirkan akan terus bertambah karena jumlah lulusan perguruan tinggi juga terus bertambah, akan tetapi tidak semua lulusan perguruan tinggi dapat tertampung di dunia kerja, akibatnya akan mendorong terjadinya peningkatan jumlah pengangguran terdidik.

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis dinamika pengangguran terdidik di Indonesia dan langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam rangka menghadapi era bonus bonus demografi agar era ini tidak menjadi gelombang pengangguran massal, khususnya pengangguran terdidik di Indonesia.


PMII Pontianak Raya memiliki beberapa LSO yang menjadi wadah untuk mengasah soft skill dan hard skill para kader, problem kita hanya satu yakni memulai kembali LSO yang telah di bangun dan melakukan pemanfaatan ulang dalam sistem di masing-masing LSO.

Kita perlu memperbaiki dan meng-upgrade sistem kaderisasi kita, perkuat di bidang digital supaya nantinya kita sudah memiliki sdm yang unggul dan siap ikut andil dalam pertarungan bonus demografi.

Apa yang akan kita lakukan ?
Mampukah kader PMII berperan atau hanya sekedar menonton saja ?


Penulis : Muzemmil
Editor  : Bid. Multimedia

Posting Komentar

0 Komentar